Skip to content

Jelajahi Wisata Industri Ramah Lingkungan Bersama PT Semen Padang

Tik, tik, tik…. Bunyi lembut hujan yang jatuh dan hadir menemani rangkaian aktifitas ngeblogger dan menelurkan tulisan untuk menjadi pemahaman dan hal baru menikmati sepi, tulisan, kopi arabica dan menscrool kembali beberapa koleksi foto yang mengeksplore keindahan alam di instagram. Ada bulir-bulir harapan untuk menjejakkan kaki ke Sumbar, ketika saya melihat gallery photo AdityaPulun di Puncak Gagoan. Bertepat di Paninggahan. Kab solok. Sumbar, Museum kereta, dan masih banyak lagi lokasi yang patut di jelajahi di sana.

Tuhan selalu punya cara untuk mengetuk usaha tiap-tiap manusia, info tiket gratis wisata Heritage Green Industri Semen Padang merupakan Industri semen pertama dan terhijau di Indonesia yang tak sengaja saya baca ulasannya melalui Komunitas Wegi dengan tujuan destinasi Jam Gadang, Ngarai Sihanok, Great Wall, Museum Bung Hatta, Batik Tanah Liek, Museum Bank Indonesia, PLTA Rasak Bungo, Heritage Industri pabrik Indarung (didirikan 1910), Taman Reklamasi, WHRPG. Butuh satu langkah lagi untuk mengenal lebih dekat dan menyelami. Sebab, bagi para blogger sendiri, tulisan mempunyai ruh yang akan membawa kita menuju ke tempat yang tidak pernah kita duga.

Berkunjung ke sebuah pabrik dan melihat serta mempelajari proses industri pengolahan produk hingga menjadi barang jadi selalu menjadi tempat destinasi menarik yang terekam dalam pundi-pundi ingatan. Saya sempat berkunjung ke Pabrik Panjang di Lampung dari Brand kopi terkemuka sebagai reward yang saya menangkan dari tulisan dibalik secangkir kopi, kemudian melihat bagaimana proses serta cara kerja di dalam pabrik olahan alat-alat rumah tangga dengan bahan baku kayu dan menjadi salah satu destinasi yang menarik sekaligus menjadi salah satu gudang edukasi yang akan saya tumpuk di kepala.

Setiap hal yang berkembang akan mengalami evolusi, termasuk evolusi industri, Pabrik semen pertama milik Semen Padang yang dibangun pada tahun 1910 silam, telah dijadikan sebagai museum. Selain karena kondisi pabrik yang sudah tua dan tidak layak, pembangunan museum ini juga untuk digunakan para pelajar dan mahasiswa sebagai studi proses pembangunan semen. Perlu diketahui, pabrik Semen Padang berada di Desa Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan yang berada di ketinggian 200 meter diatas permukaan air laut. Dengan luas tambang kapur sebesar 260 hektar. Selain dipenuhi berbagai tanaman untuk menyaring polusi, di dalam area pabrik ini juga terdapat area padang golf yang memiliki 11 hole.

Museum Pabrik Semen di Semen Padang yang rencananya juga akan diikuti oleh Semen Gresik ini nantinya akan menjadi bagian dari Museum Pabrik Semen yang pernah didirikan sebelumnya, diantaranya adalah Atlas Portland Cement Company Memorial Museum dan Bamberton Historical Society. Dimana akan memberikan ilustrasi pabrik Semen Padang tempo doeloe yang masih menggunakan proses basah dalam pengolahan batu kapur dan bahan-bahan lainnya menjadi semen.

Dan tentunya akan menjadi lebih menarik sekali karena proses pengolahan semen yang demikian sudah ditinggalkan untuk saat ini di PT Semen Padang, dan telah digantikan oleh Proses Kering yang modern dan relatif lebih efisien. Sementara itu juga dapat disaksikan transportasi bahan baku di jaman dulu yang belum menggunakan belt conveyor untuk mengangkut batu kapur dan silika dari Bukit Karang Putih dan Ngalau ke pabrik di Indarung, namun masih menggunakan jaringan kereta gantung yang menambah kesan klasik, sungguh menarik dan unik. Semoga kelak akan menambah edukasi kita mengenai hal ini lebih jauh jika langkah kecil menapak sampai kesana.

Yang tidak kalah menarik juga tentang Metode Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) merupakan progam lingkungan unggulan PT Semen Padang yang telah diakui dan mendapat banyak penghargaaan salah satunya dalam ajang ASEAN Energy Award di Laos tahun 2014. Saya pikir konsep yang hampir sama seperti CSV “Creating Shared Value” yang merupakan bagian dalam menciptakan suatu produk dengan meraih kesuksesan dalam jangka panjang namun tetap mengusung dan menciptakan manfaat bersama bagi masyarakat dan lingkungan.

Tulisan akan selalu menyiratkan pesan yang mendalam, jika sebuah ingatan dan langkah kaki diijinkan Tuhan untuk mendapatkan serangkaian memorabilia dan dokumentasi yang akan ditampilkan untuk menyusuri sebuah perjalanan dalam jelajah industri ramah lingkungan dan membangkitkan kembali kenangan akan geliat pabrik industri semen pertama di Indonesia ini, yang selalu mengusung Tagline

Kami selalu berbuat sebelum yang lain memikirkannya

Mari Kita Jelajahi Industri Ramah Lingkungan dan jadilah salah satu Laskar Wisata Green Heritage bersama PT. Semen Padang.

Published inUncategorized

2 Comments

  1. @Erwin: Sama-sama kang, saling belajar untuk menggali edukasi yang tidak hanya sekedar wisata melainkan mengupas tuntas fakta dan cerita yang ada dibelakangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *