Ki and Ka

Ki and Ka

Bagi kalian pecinta film Bollywood, pasti akan familliar dengan nama Kareena Kapoor, yang memang notabene adalah adik dari artis Kharishma Kapoor. Kali ini saya nonton film Ki and Ka. Film ini memiliki jalan cerita yang mengulas mengenai kehidupan rumah tangga, saya rasa layak untuk masuk dalam list film yang bakalan kamu tonton. Film bergenre comedy, drama dan romance ini menyuguhkan cerita yang menyiratkan mengenai emansipasi wanita, impian pria yang diluar kotak harapan pria kebanyakan, konflik rumah tangga yang cukup rumit dan diluar dari budaya India, juga di Indonesia. Sederet artist top India terkenal akan membintangi film ini seperti Kareena Kapoor (Kia) yang terkenal dengan filmnya bersama Shakhrukh Khan yaitu Kabhi Kushi Khabi Gham. Menghadirkan juga aktor tampan Arjun Kapoor (Kabir), Swaroop Sambat, dan kakek ganteng yang melegenda Amitabh Bachchan.
Ki and Ka

Di film ini menceritakan bahwa sepasang suami istri, yaitu Kia dan Kabir. Mereka memutuskan berumah tangga dengan peran rumah tangga yang terbalik dari yang seharusnya. Kia adalah seorang wanita yang memiliki harapan tinggi untuk berkarir, karena dia memang memiliki passion sebagai pembisnis dan hebat dalam taktik pemasaran. Ia memiliki prinsip bahwa tidak selamanya istri harus menjadi orang rumahan, apalagi ketika kita memiliki kemampuan dalam pola pikir yang dapat disejajarkan dengan kaum pria dalam mengelola sebuah perusahaan. Sedangkan Kabir adalah seorang pria anak satu-satunya dari pengusaha paling sukses di Delhi, justru tidak tertarik untuk terjun ke bidang bisnis seperti ayahnya hingga hubungan mereka menjadi renggang. Kabir pun meninggalkan semua harta kekayaan milik ayahnya hanya untuk bercita-cita mengurus rumah tangga seperti ibunya. Bagi Kabir, posisi seorang pengurus rumah tangga adalah hal paling hebat yang pernah ia impikan dalam hidup. Sebuah keikhlasan di hati manusia yang tiada banding, tercermin di sana. Mengurus rumah tangga adalah ibarat “Seniman” karena dibutuhkan pemikiran dan kerja yang paling dekat dengan seni, seperti menata rumah dan segala perabotannya, memasak dan menghias masakan agar mampu menggugah selera itu tidak mudah, sebab dibutuhkan seseorang yang memiliki jiwa seni yang terampil.

 

Ki and Ka

Jika seorang pengurus dalam rumah tangga tidak memiliki tempat di mata orang lain, mereka salah. Seorang pengurus rumah tangga yang baik, akan membangun kebahagiaan rumah tangga yang juga baik dan menciptakan generasi gemilang berawal dari sana. Ini yang diangkat kabir, sampai pada akhirnya ia menjadi seseorang yang menginspirasi, yang hebat dalam mengurus rumah tangga, menjadi contoh teladan dalam urusan memasak dan diundang ke berbagai event perjamuan di media massa baik itu layar kaca dan surat kabar, padahal seharusnya kabir adalah kepala rumah tangga yang budaya kebanyakan mengharuskan ia untuk mencari nafkah namun ia justru hanya di rumah mengurus rumah tangga, dengan resiko cibiran dari masyarakat. Di film ini juga memberikan alur bahwa selama ada cinta dan komitmen dari masing-masing pasangan, pengertian, kepedulian, menghormati, maka kebahagiaan akan selalu ada. Karena pernikahan adalah kata kerja yang juga memerlukan kerjasama Team.

 

Ki and Ka

Jujur, hikmah film Ki and Ka ini kelak akan menusuk jiwa para istri yang mengabdi sebagai ibu rumah tangga nantinya. Karena apa yang kabir rasakan dalam film ini seperti kebanyakan dari perasaan ibu rumah tangga lainnya juga. Tidak sedikit yang merasa, bahwa bekerja di rumah mengurus semuanya seolah tidak memiliki kontribusi akan jerih payah pikiran dan tenaga kita seharian di mata pasangan, padahal kita sudah susah payah mati-matian agar rumah terlihat rapih dan anak-anak terdidik, tidak sedikit kecemburuan atas waktu yang diberikan oleh pasangan kita untuk orang lain lebih banyak dibandingkan dengan kita, tidak sedikit kita juga merasa penat dan memerlukan kegiatan lain untuk membuktikan kita ini ada. Dan ketika kita berhasil melakukan hal yang sesuai dengan harapan, kita seolah dianggap hanya mengumbar kehidupan kita di mata orang lain, padahal kita melalukan itu sesungguhnya sebagai penyemangat diri sendiri dan sebagai pembuktian jati diri, serta memberikan banyak tips dan ilmu bagi banyak orang, namun seolah kita hanya dianggap mencari sensasi atas apa yang kita niatkan untuk menjadi motivator memberikan kasih sayang lebih untuk orang yang dicintai di rumah sebagai prioritas yang juga ingin didahulukan.

Dan seperti biasa, keseruan serta konflik lain yang ada di film ini, kamu bisa saksikan sendiri kerennya kaya apa. Cocok banget ditonton bareng pasangan hidup yang sedingin tatapan mba-mba kasir ketika kita mau bayar, baru keinget ternyata dompet lupa kebawa, agar masing-masing dari kita mampu memiliki kepedulian dan penghormatan yang sama.

 

Dessy Achieriny

 

 

6 thoughts on “Ki and Ka”

    1. Oh iya, udah jerit2 ngambek ternyata negative 4-2. Tapi, kia saat gak ingin punya anak, saya rasa terlalu egois sifatnya. 😀

  1. aku dah nonton film ini say dan sangat bagus. film india sekarang memang lebih banyak Pilihan cerita say, di banding Jaman Kita SD-SMP. dulu cuma suka film india karena MR Aamir khan. untungnya film2 aamir khan semakin ke sini semakin berbobot. padahal dulu banyak yg bilang MR Aamir So Perfecsionis. padahal dia memang ingin klo buat satu film ya film itu harus berbobot. kaya nci klo nulis status gak harus banyak tapi berisi (Risol kali berisi) (^_^). Fighting, Ganbate semangat terus ya ci dalam menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *