How to Enjoy Zespri Kiwifruit

kiwi

kiwi

Beberapa kerjaan yang belum selesai, secangkir kopi Liong, hujan, dan kita yang sibuk bercakap-cakap mengenai kehidupan ke depan. Potongan kiwi segar juga menjadi teman di hari yang paling tepat saat artikel ini dibuat. Hari Blogger Nasional. Terpujilah Tuhan Maha Pemberi Kebaikan yang baiknya gak abis-abis. Mari ucapkan kata “Selamat” banyak-banyak dan kabarkan hal baik dalam tiap tulisan keseluruh penjuru bumi dengan kekuatan sinyal radar Neptunus!

Siang tadi terik masih runcing menusuk ubun-ubun tepat di atas kepala, sore ini cuaca yang kerapkali galau kekinian mengubah haluannya menjadi deras sesuka hatinya sendiri. Egois memang. Sumpah, mata sepet banget hari ini.

Ngunyah dua potong kiwi merupakan tambahan energi selain kopi. Yeah…

Cut & scoop biasanya pilihan paling tepat yang saya saat pilih untuk menikmati segarnya buah kiwi, tapi karena setengah harian ini sibuk nulis, kiwi potong menjadi alternatif pilihan untuk mencecap kenikmatan manisnya yang juga kaya dengan kandungan vitamin (C, E, asam folat, potasium), serat, antioksidan alami yang tinggi (polyphenol, karotenoid)  manfaat phytochemical lain dan nutrisi.

kiwi

Produk kiwi paling unggul yang selalu menjadi pilihan saya adalah kiwi Zespri. Beruntung sekardus besar penuh kiwi saya dapatkan dalam acara Blogger Gathering Zespri di Letter D Cuisine dengan para blogger lain untuk mengikuti edukasi mengenai buah kiwi secara langsung dengan pakar nutrisi dan kesehatan. Rasa asam yang kalian telan adalah pemilihan kiwi yang belum terlalu matang. Kiwi zespri ketika masuk ke tahap matang yang sempurna dengan cara diperam dalam suhu ruang akan menghasilkan kiwi dengan rasa yang manis.

Buat kalian yang gak tau apa sih zespri itu? Zespri merupakan perusahaan asal New Zealand  yang memiliki kantor di Eropa, Inggris, Amerika Utara, Jepang dan Asia Pasifik serta telah memasarkan buah kiwi ke lebih dari 54 negara di dunia. Zespri international juga kerapkali melakukan riset secara berkesinambungan serta mengembangkan inovasi baru buah kiwi untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Rasa buah kiwi Zespri teruji mampu memenuhi kepuasan dan citarasa konsumen di manca negara.

kiwi5

Saya kerapkali membuat aneka makanan dan minuman dengan buah kiwi zespri seperti salad buah, kiwi pie, sop buah kiwi, cocktail, kiwi cake, Tropic soda kiwi dll. Anak-anak biasanya kurang suka buah, namun pilihan anak-anak di rumah jusru jatuh dan menyukai buah kiwi, anggur dan strawberry. Bersyukurlah jika anak-anak menyukai buah kiwi karena memiliki khasiatnya yang gak main-main.

 

Khasiat di balik segarnya Buah Kiwi Zespri:

  1. Kaya akan kandungan antioksidan dan dapat menjaga kesehatan jantung, ini karena Buah Kiwi adalah sumber alami Vitamin E rendah lemak.
  2. Mengandung Actinidin yang sangan baik untuk pencernaan. Actinidin adalah suatu enzin unik yang dapat membantu menguraikan protein.
  3. Mengandung Vitamin C dua kali lebih banyak dibanding buah jeruk.
  4. Baik untuk ibu hamil terutama untuk perkembangan gen pada janin, karena Buah Kiwi adalah salah satu sumber folat.
  5. Sumber potasium yang baik untuk setiap sel dalam tubuh.
  6. Dapat menjaga berat badan, karena rendah kalori namun kayak akan nutrisi yang sangat penting.
  7. Baik untuk penderita diabetes, karena mengandung Glycemic Index (GI) yang rendah sehingga dapat menjaga gula darah.
  8. Membantu meningkatkan sistem imun.
  9. Mengantung antioksidan tinggi yang mudah diserap tubuh.
  10. Sumber serat alami yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

 

kiwi9

Ada beberapa macam varietas kiwi, antara lain Green, Gold, Sun Gold, dan Sweet Green.  Untuk Kiwi Green sendiri memiliki kulit yg berbulu. Rasanya asam? Ah, kata siapa? Sebenarnya, jika sudah matang betul, kiwi Green rupanya manis.

Sedangkan Kiwi Gold kulitnya tidak berbulu dan rasanya manis. Kiwi Sun Gold rasanya tidak semanis Gold. Lalu, ada juga Kiwi Sweet Green yang merupakan perpaduan dari kiwi Green (fisik) dan Gold (rasa). Jika kalian disuruh pilih suka yang mana?

Oh ya, kalian sudah tahu belum, rupanya buah kiwi ada juga loh yang rasanya pedas. Tapi, kiwi varietas ini tidak dijual di Indonesia. Macam-macam rasa yang ada adalah cara Zespri Internasional melakukan riset dan mengembangkan inovasi-inovasi baru bagi buah kiwi. Dalam kardus kiwi juga ada sensor untuk mengecek suhu buah kiwi agar buah kiwi yang dikirim terjaga suhunya. Juga dapat mendeteksi asal dari petani dan dimana lahan buah kiwi dipetik, sehingga jika kualitas yang sampai di tangan konsumen mengalami kendala, maka dapat dengan tanggap diusut tuntas oleh Perusahaan asal New Zealand Zespri ini.

Saya juga akan memberikan tips untuk kalian dalam pemilihan buah kiwi Zespri siap santap.

kiwi10

Cara memilih buah kiwi Zespri yang sudah siap untuk kamu santap sangatlah mudah, hanya dengan menekan bagian atas dengan ibu jari dan menekan badan buah dengan jari lainnya. Jika terasa lunak, maka buah kiwi sudah manis dan bisa dimakan. Jika dibiarkan terlalu lunak, buah bisa menjadi kelewat matang dan akan menurunkan kualitas buah kiwi tersebut. Selain dengan cara demikian, kamu juga bisa menekan buah kiwi dengan telapak tangan, kematangan buah juga dapat dilihat dari warna buah. Mendekteksi warna buah yang lebih gelap menunjukkan tingkat kematangan dan kemanisan buah kiwi cenderung lebih tinggi.

Ah, menyantap buah kiwi segar merupakan hiburan di tengah rasa bosan karena sibuk menulis.

Jadi, kapan kamu mulai menyukai buah kiwi? Yuk kita, mulai makan buah kiwi 2 kali sehari.

 

Dessy Achieriny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *