Kemilau Mutiara Indonesian South Sea Pearl

Jangan pernah menjadi manusia menyebalkan yang sama sekali tidak mencintai negeri sendiri. Menulislah sebagai upaya mendidik hati, menginspirasi anak negeri, dan belajarlah tetap hormat kepada tanah lahir sendiri.

6th Indonesian Pearl Festival
6th Indonesian Pearl Festival

Sepertinya Tuhan selalu punya cara untuk memperkenalkan kepada saya dengan banyak Festival yang digelar di Indonesia. Berawal dari menulis Blog Festival Lampung Krakatau hingga meraih juara 3, Festival Siti Nurbaya, festival Anak Jujur dari KPK, sampai kepada 6th Indonesian Pearl Festival yang mampu kembali menyentuh hati saya untuk memiliki keinginan kuat menguak tabir Indonesian South Sea Pearl yang bahkan negara kita merupakan pusat mutiara laut selatan (South Sea Pearl) terbesar di dunia. Hanya sayangnya, justru anak negeri sendiri yang banyak tidak mengetahui kualitas mutiara laut selatan ini sangat diincar oleh kalangan pasar mutiara dunia.

Kalian tak harus menjadi pahlawan pembela kebenaran untuk memberikan yang terbaik pada setiap insan, perhatikan tiap debu yang terbang, tangkap tiap pesan, jelajahi kekayaan nusantara tak hanya dari segi wisata untuk membawa pulang cerita dalam banyak kata-kata. Waktu memberikan kita sebuah peristiwa, bunyi embun yang jatuh menjadi dering notification whatsapp yang saya pilih, tulisan yang masuk kala itu dari Mas Indra Hutapea membuat saya bersyukur atas undangan blogger yang mencantumkan sebuah acara 6th IPF PRE_EVENT GATHERING yang direncanakan dihadiri oleh Mentri kelautan dan Perikanan RI di Gedung Mina Bahari 3 Ball Room Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Setiap Festival bagi saya selalu menarik untuk dikaji, tak hanya kemeriahannya saja, namun visi misi yang menjadi titik mula mengapa dan kenapa event mengenai “6th Indonesian Pearl Festival” ini diadakan. Selain sebagai penguat branding dan mempromosikan Indonesia sebagai penghasil mutiara terbesar di dunia.

Koleksi Mutiara Pribadi
Koleksi Mutiara Pribadi

Saya wanita penyuka mutiara, walau hanya sanggup mengumpulkan koleksi-koleksi mutiara dengan harga yang terjangkau. Namun dengan kekuatan micro blog, saya akan mencoba mengangkat Indonesian South Sea Pearl di mata banyak orang.

Langkah awal saya untuk menguak tabir Indonesian Pearl Festival adalah dengan langsung mencari data statistik perdagangan mutiara Indonesia di dunia dari tahun ke tahun. Pada Tahun 2013 data statistiknya masih menunjukkan 43 persen dan di tahun terakhir persentasenya bahkan sampai 70 persen. Berbicara dengan beberapa narasumber yang berkecimpung di bidang perikanan dan kelautan, sekaligus narasumber yang menjadi Dosen kelautan Universitas Udayana serta teman-teman di kementrian kelautan dan perikanan untuk mempelajari lebih jauh mengenai potensi besar mutiara laut selatan yang Indonesia miliki.

Yuk kita bedah kembali, buka mata lebar-lebar kenapa Kemilau South Sea Pearl ini sangat dicari para pengincar mutiara?

Sebab, kualitas South Sea Pearl  berasal dari genus kerang Pinctada maxima, yang menghasilkan satu butir mutiara dalam satu induk kerang. Berbeda dengan jenis Chinese fresh water pearl, induk kerang bisa menghasilkan 40 butir mutiara dalam waktu yang singkat. Namun perputaran perdagangan mutiara di dalam negeri kita sendiri, justru mengarah ke Chinese Fresh Water Pearl karena mungkin harganya yang lebih murah dibandingkan South Sea Pearl. Padahal jika kita blow up mutiara ini akan menjadi sumbangan devisa bagi negara yang besar.

Menurut beberapa pengusaha dan para pembudidaya mutiara, kondisi dan kualitas air sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan, ukuran dan kualitas mutiara, seperti; Dasar perairan, kedalaman, arus air, salinitas, suhu, kecerahan, kesuburan perairan. Kedalaman air dilokasi budidaya mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kualitas mutiara. Berdasarkan penelitian semakin dalam letak tiram yang dipelihara,maka kualitas mutiara yang dihasilkan akan semakin baik.

14523147_1198813450142120_2990753160150650723_n

Jadilah generasi cerdas yang mengembangkan negeri sebagai bentuk kecintaan lebih. Tak hanya kami, namun kelak pemerintah juga dapat mencari solusi terbaik terhadap kekayaan negeri sendiri agar tidak dimiliki negara lain. Contoh: Bahwa kendala yang dihadapi para eksportir mutiara saat ini yaitu tidak adanya sertifikasi mutiara dari pemerintah. Akibatnya, tanpa adanya sertifikasi, selama ini sering terjadi klaim sepihak kerang asal Indonesia oleh negara lain ketika sudah sampai di tingkat pengepul internasional. Ini, titik point penting yang perlu digarisbawahi juga.

Kemudian kembali saya mencari apa saja upaya dari pemerintah untuk masa depan South Sea Pearl. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sendiri optimis dapat meningkatkan nilai ekspor mutiara, mengingat Indonesia memiliki dan menguasai faktor-faktor pendukung, seperti areal budidaya, tenaga kerja, peralatan pendukung dan teknologi.

Sosialisasi IPF2016 kepada perusahaan mutiara dan pejabat lingkup Ditjen PDS, KKP
Sosialisasi IPF kepada perusahaan mutiara dan pejabat lingkup Ditjen PDS, KKP

Upaya-upaya pemerintah yang saya tangkap untuk melindungi produsen mutiara Indonesia antara lain yaitu; KKP telah mengeluarkan Peraturan Menteri KP No. 8 tahun 2013 tentang Pengendalian Mutu Mutiara yang masuk ke dalam wilayah Negara RI, serta memberikan sosialisasi-sosialisasi kepada Perusahaan Mutiara agar dapat sama-sama mengembangkan hasil mutiara agar mampu masuk ke dalam kategori potensi terbaik di Indonesia.

Apabila mutu South Sea Pearl ditingkatkan kembali menjadi potensi yang terbaik maka sudah barang tentu kelak akan menjadi sumbang pangsa pasar dunia dalam hal perdagangan mutiara. Apalagi bahkan, budidaya mutiara adalah salah satu aktivitas laut yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

South Sea Pearl banyak diproduksi di Indonesia, Australia, Filipina, dan Myanmar. Mutiara South Sea Pearl adalah salah satu jenis mutiara yang terbesar dan mahal di dunia dengan ukuran 8 mm sampai 22 mm dengan warna putih sampai keemasan. Pusat trading mutiara laut termasuk South Sea Pearl masih tetap di Jepang dan hampir 80 persen daripada semua mutiara laut (South Sea Pearl, Akoya dan Black Pearl) akan masuk ke Jepang sebelum didistribusikan ke negara lain.

IPF 2016

Khusus di Indonesia, daerah penghasil mutiara South Sea Pearl adalah Papua Barat (Raja Ampat), NTB (Lombok/Sumbawa), Bali (Buleleng/Karang Asem/Negara, NTT (Labuan Bajo/Maumere/Laruntuka/Alor/Kupang), Maluku Selatan (Aru/Seram/Banda/Tual/Tanimbar), Maluku Utara (Halmaherah), Sulawesi (Manado/Bitung/Sulawesi Tengah/Kendari), Sumatera (Lampung), Jawa (Banyuwangi Madura).

Bangun kekayaan negeri, simpan keluh kesah dan cibiran tak menghasilkan yang membuatmu terlihat menjadi bagian yang sama dari sejuta umat. Keluhan tak akan membawa kita menjadi alasan dari seluruh bahagiamu di masa depan. Berkaryalah dengan cara paling sederhana sekalipun, untuk menghasilkan kebahagiaan yang tak bisa ditawar-tawar. Oleh karena hidup kita tak sama, maka mari kita bercerita, mari kita berusaha, sampai anak cucu kita mengenal arti penting dari kata-kata dalam sebuah pena, menghemat kekayaan negara dan kewajiban menjaga lingkungan dan sesama.

 

Dessy Achieriny

49 thoughts on “Kemilau Mutiara Indonesian South Sea Pearl”

  1. Setuju sama nchie.. saya pun pengagum mutiara walaupun tidak koleksi, cukup ada 1-2 butir saja. Itu sudah bangga banget..
    Pengen komen banyak tapi kosakata saya terbatas..

    1. Wah,terimakasih sudah komen may… Sudah sepatutnya kita juga lebih mengenal hasil kekayaan negeri sendiri. Agar Mutiara indonesia semakin terkenal di mata dunia dan memiliki potensi terbaik di kelasnya.

  2. Berkarya dengan tulisan mengenai sumber daya alam di Indonesia khususnya mutiara laut selatan, membuat mata kita melek akan kekayaan alam yang dimilikinya.
    Semangat terus nchie jangan pernah lelah untuk berkarya

    1. Selain berkarya, tulisan juga mampu membuat kita memahami banyak hal dit, dari yang tadinya belum dikupas menjadi penggerak untuk mengupas sesuatu hal. Seperti menyuarakan Indonesian South Sea Pearl agar gaungnya terdengar kemana-mana.

  3. Meskipun kaya mutiara tapi kalo gak dikenalkan kayak gini ga tau ya mba… aku aja jadi dapet info tambahan tentang apa itu mutiara sendiri, taunya perhiasan doang sih yg mahal jadi males cari tahu tapi kalo gini jadi ngerti… makasi sharingnya

  4. saat ini sumber utama dari mutiara pantai selatan ada di Lombok, dengan 27 warna yang dihasilkan.
    begitu kayanya negri kita tapi tidak banyak yang tau, terimaksih sharing infonya mbak

  5. Setuju dngan tulisan nchie kita sebagai wanita khusus nya kaum mak” harus ada 1 atau 2 koleksi pribadi d rmh walau ngak mehong yg gope pun ngak ap”…dngn kita mengakat south sea pearl bearti kita secara ngak sengaja menyuruh anak” bangsa bankit dari keterpurukan bukti kan pada Dunia bahwa negara kita kaya raya dngan hasil bumi nya..dn kita harus bngkit membangun Indonesia untuk lebih baik lgi tmpa harus campur dari negara luat..semangat mba nchie untuk menulis ✏✏

  6. Saya termasuk pengagum perhiasan dr mutiara, karena kesederhanaan yg elegant.. Berkat baca tulisan mba desi jd semakin tau deh ternyata mutiara yg indah itu ada dinegri kita sendiri, ga perlu jauh2 ke korea hihihi dan macam2 jenisnya .. Tulisannya bagus mba syukaaaa

  7. Suka bgt sama mutiara..walaupun gak punya.. karena harganya itu yg mahal pake bingit..jd cukup hanya sebatas memandang foto mutiara hati kyknya tentram..#Eeh ga nyambung.. tp ga apalah..jd tau kan tentang mutiara dari tulisan Ncie..hehee..

  8. Begitu kayanya negeri kita,mutiara satu dari sekian kekayaan negeri ini yg patut untuk di perlihatkan di seluruh dunia..
    Kenapa masih redup mutiara di negeri sendiri,sepertinya ada yg salah ya..
    Dengan adanya tulisan mb Dessy,berharap lebih membuat kilau mutiara menjadi kemilau di negeri sendiri

  9. Karya yg luar biasa,setelah kubaca & pahami ternyata indonesia kaya akan hasil laut tp blm bisa dikelola dngn maksimal.

  10. Mbaa, saya ikutan comment ya, saya mutiara walau saya belum paham tentang mutiara, tulisan mba buat saya penasaran n pengen kenal lebih jauh lagi dg yang namanya mutiara, smg suatu saat bs ada budgetnya untuk koleksi mutiara

  11. Keren mbaak salut, betapa banyak hal menarik dinegeri ini yang tak terendus berita. Ajang festival seperti ini juga salah satu hal positif yang dapat mengangkat sisi positif negeri kita agar semakin kemilau.

  12. wow keren ulasan mbak dessy cantik ini membuka wawasan saya tentang mutiara sang primadona jelita dari Indonesia yang masih berjuang dalam meraih legalitas atas kualitas di kelasnya, semoga dengan event indonesian south sea pearl yang terselenggara mutiara asli Indonesia semakin dikenal, dihargai dunia internasional dan dapat dibudidayakan melalui sentuhan SDM yang ahli di bidangnya.

  13. Keren mba nchie tulisannya. Ga semua org tau ttg mutiara karena ga semua golongan bisa memiliki perhiasan mahal tsb. Tetapi alangkah bangganya ternyata negara kita itu kaya ya, mngkin sumber daya manusianya aja yg kurang utk bisa lbh memajukan dan mengembangkan nya lagi. Smoga dgn pengetahuan dari tulisan2 spt yg mba tulis itu bs menambah wawasan org lain utk bs lbh mengerti ttg kekayaan alam di negara kita salah satunya south sea pearl tsb. Sukses slalu ya mba nchie,,,,

  14. Ingat salah satu tembang kenangan milik Ernie Djohan entah populer tahun berapa, kayaknya saya masi bocah. Indonesia bisa dibilang “mutiara yg hilang”. Begitulah Indonesia saat ini, dimata dunia. Kaya, indah, tapi redup. Sangat dibutuhkan generasi muda yg kreatif,, cerdas dan lurus hatinya untuk membawa perubahan pada negara tercinta ini. Dengan kekayaan alam yg ada Indonesia harusnya sudah bisa jadi negara maju. Bukan lagi berkembang. Ahhh… semangat lah, mari jadi orang yg bermanfaat bagi sesama. Nama kita boleh hilang di telan waktu. Tapi kebaikan akan terus diingat selamanya di hati sesama. Terang lah Indonesia terang. Bersinarlah bangsaku. Seindah mutiara Lombok. Semua keindahan kita punya 🙂

  15. Aku fikir mutiara hanyalah hayalan di kisah serial jini oh jini yg bgtu d buka kerangnya keluar jin.. Tpi ternyata oh ternyata setelah melihat,,membaca dan menerawang ulasan teh ncie jdi yakin bahwa d dlm kerang memng ada mutiaranya.. Pesan untuk pemerintah agar lebih di perkenalkan lagi hasil laut indonesia yg berbagai macam bentuknya ini.. Semoga indonesia semakin berjaya dengan hasil lautnya..

  16. Saya setuju ncie,banyak org yg lupa tentang kekayaan negerinya sendiri ,dan membanggakan kekayaan luar negeri,mutiara kekayaan indonesia harus punya kelas di negara lain dengan potensi yang luar biasa…semoga dengan artikel ncie ini banyak yang mau menjaga kekayaan indonesia,bukan hanya mutiara.
    Teruslah berkarya ncie anak bangsa membutuhkan bacaan yang penuh dengan insfirasi budaya sendiri

  17. Tulisan yang mampu membuka wawasan tentang betapa kayanya negeri ini.
    Meskipun saya tidak memiliki mutira -hmmm.lumayan mahal sich, wk wk wk.. – tapi sebagai seorang wanita, mata saya selalu berbinar binar jika melihat mutiara yng indah.
    Dan, saya sangat apresiasi tulisan mba Nchie kesayangan..
    Tetap berkarya dijalur yang kamu pilih yahh Mba.. sukses selalu dach…

  18. Ah, saya selalu merinding kalau baca artikel tentang kekayaan maupun keindahan alam dari bumi pertiwi. Merinding karena bangga ternyata bumi pertiwi yang kita pijak masih banyak menyimpan rahasia rahasia indah yang selalu memberikan kejutan bahagia. Disatu sisi juga merinding akan bayang bayang buruknya pemerintah kita mengelola sumber daya yang ada *langsung kebayang pesan dari tante di paragraf akhir, hampuraaa.. ahahaha.

    Ayo terus kita blow up, terima kasih untuk artikelnya tante. Salam dari umat (followers) barumu.

  19. Aku fikir mutiara hanyalah hayalan di kisah serial jini oh jini yg bgtu d buka kerangnya keluar jin.. Tpi ternyata oh ternyata setelah melihat,,membaca dan menerawang ulasan teh ncie jdi yakin bahwa d dlm kerang memng ada mutiaranya.. Pesan untuk pemerintah agar lebih di perkenalkan lagi hasil laut indonesia yg berbagai macam bentuknya ini..

  20. Berkat tulisan ini, masyarakat yang tadinya tidak tahu adanya Indonesian Pearl Festival menjadi tahu kehadiran event ini. Sosialisasi melalui ulasan yang amat baik. Semoga pada next event (The 7th Indonesian Pearl Festival) akan banyak masyarakat yang datang sehingga kami… anak bangsa Indonesia, bisa lebih mengetahui kekayaan alam ini dimana dari sanalah bermunculan mutiara indah yang bila dikelola secara professional bisa menjadi sumber kemakmuran. Terimakasih bagi penulis, tulisan anda bisa memberi wawasan baru sekaligus membantu pemerintah dan produsen mutiara untuk dalam mempromosikan harta karun alam bawah laut Indonesia yang berkilauan cantik ini.

  21. Saya penduduk asli lombok dan sering melihat toko toko mutiara namun tidak pernah melihat wujud mutiara itu secara langsung, bahkan untuk kisaran harganya saya tidak tau apalagi jenis jenisnya, tapi baru beberapa tahun belakangan ini tau kalau mutiara itu ternyata semenarik itu karena saat ini saya sedang kuliah di jogja. Tapi masa iya mau tunggu jauh atau bahkan sampai kehilangan dan dikuasai oleh negara negara maju baru kita mengelu elu kan keindahan harta karun dasar laut itu dengan label negara asing. Mungkin karena kurangnya even even bergengsi yg bisa menaikkan nama dan pendongkrak kualitas mutiara lokal untuk dapat berssaing.

  22. Tulisan ini kembali mengingatkan manusia Indonesia secara khususnya untuk bisa memahami dan merawat kekayaan alamnya dan secara umum juga menyadarkan kita sebagai bagian kecil dari integrasi alam di planet bumi yang tak terpisahkan sehingga wajib saling menjaga kelestarian hayati di dalamnya. Kalau Komodo saja bisa menyandang salah satu dari 8 Wonder of the World, apalagi mutiara kita. Kalau bukan kita yang mengenal dan mencintai tanah air kita sendiri, siapa lagi.

  23. Ulasannya tentang mutiara sebagai kekayaan Indonesia yang patut diperjuangkan di kancah dunia, sangat informatif mba nchie.
    Bahwa sebagai anak bangsa, mungkin dengan jalur menulislah engkau turut berjuang.
    Bravo mba nchie…
    Selamat bagi pemuda Indonesia

  24. Wahai mba nchie yg tantik syekaliihh…
    Akuh adalah salah satu pearl lover juga. Perhiasan dengan bahan dasar mutiara itu sangat elegan namun tetap sederhana.
    Seperti Indonesia.
    Yang masih disayangkan adalah pengetahuan kita tentang mutiara asli Indonesia ini.
    Beruntung banget ada festival ini, yang bisa mengantarkan ilmu ke masyarakat luas lewat mba nchie dan penulis2 berbakat lain untuk mengenalkan south sea pearl diIndonesia sebagai yg terbesar di dunia.
    Selamat berjuang yah mba nchie yg tantik syekaliiihh.. peluk dari jauh, ketjup sayang.

  25. Ayo dukung pembentukan lembaga sertifikasi mutiara laut Indonesia yg mengutamakan kemudahan proses dan harga terjangkau bagi pengusaha/petani mutiara laut Indonesia…..bila perlu bekerjasama dgn Universitas Negri ternama jurusan kelautan dalam proses sertifikasi tersebut, agar mutiara laut indonesia lebih dikenal & diakui di dunia Internasional

  26. negara kita merupakan pusat mutiara laut selatan (South Sea Pearl) terbesar di dunia. Hanya sayangnya, justru anak negeri sendiri yang banyak tidak mengetahui kualitas mutiara laut selatan ini sangat diincar oleh kalangan pasar mutiara dunia.

    #banggaanaknegeri
    #semogadimampukan

    Salam silaturahim мϐä.. ^.^

  27. Bener banget mba Nchie…kekayaan alam Indonesia warbiasah cantiknya. Ak pernah ke Lombok, masya Allah pemndangan alamnya elok banget. Yang paling nancep di hati ya kecantikan mutiara khas disana. Sampe2 pas di toko souvenir mutiara, ga kepengen pulang. Pengennya disana terus, ngelus2 itu mutiara. Cukup puas dengan membelinya beberapa butir.
    Ayoo mba Nchie, terus eksplore kekayaan alam negeri Indonesia Raya tercinta,melalui goresan penamu. Gema kan ke dunia, lewat tulisanmu. Sukak

  28. Terima kasih untuk tulisan yang selalu menginspirasi dan berisi ilmu-ilmu pengetahuan kak..
    Tulisan tentang “south sea pearl” ini membuka satu lagi wawasan tentang kekayaan alam indonesia yang belum aku tau.
    Jadinya aku bisa sedikit lagi menambah rasa bangga akan negeri tidak hanya selalu berfikiran tentang kekurangan-kekurangan negri ini.
    Terus menulis ya kak, biar aku lebih banyak tau lagi.

  29. Tulisannya enak bgt dibaca.. Ga buat bosen.. Intinya dapet ketika lg membacanya masih penasaran sama tulisan dibawahnya.. Sangkin seriusnya baca artikel ini sampe ga sadar anak lg nangis minta perhatian krn emaknya sibuk baca artikel mba dessy achieriny… Hehehe…

  30. Ternyata indonesia kaya akan keindahan dunia, kebanyakan rakyat indonesia tertutup mata nya karna ketidak tau an nya, termasuk saya. Berkat tulisan mbak Dessy saya jadi sedikit tau, dan saya akan selalu mencari tau dalam tulisan karya mbak Dessy… thanks ya…. sudah berbagi ilmu dan info nya.

  31. Gregetan sampe ke ubun ubun dan esmosi tingkat dewa klo ngeliat negara lain mengklaim apa yg kita punya trus di aku aku itu milik mereka,..
    Indonesia itu kaya raya sumberdaya alamnya, hanya saja entah bagaimana saya mengatakannya kenapa pemerintah tidak dan masih saja belum bisa mengolah,membudidayakan dan mensertifikasi semua yg berharga di bumi Pertiwi ini,bukan karena tdk ada pemuda pemudi yg cerdas di negri ini,tp krn birokrasi yg msh melekat,yg tua tua yg kekeh tdk mau mengalah memberi kesempatan pada yg muda,dan orang2 yang hanya memikirkan materi utk kepentingan pribadi. Kapan kita berdiri di kaki sendiri wahai pemimpin negeri? Sampai kapan kita hanya jongkok dan berpangku dagu melihat emas,mutiara,berbagai tambang dan smua yg berharga di keruk oleh mereka.
    Sesungguhnya kita bangsa yang besar…
    Sesungguhnya kita bangsa yang kaya…
    Sesungguhnya kita bangsa yang bermartabat
    Sesungguhnya kita bangsa yang disegani
    Jika kita BISA berdiri di kaki sendiri,
    Karena semua ada disini, ya.. disini,
    INDONESIA..

  32. Tulisannya bagus , dalam, padat, berisi.kayak kupat aja.jadi memaksa pembaca untuk buka2 buku(krn sy gaptek bgt.jarang internetan) ttg bahwa Indonesia tu kaya bgt akan smua hal.tx God. Akan sgt bgus bila ( paksa bila perlu, jgn lama2 pertimbangannya)pemerintah peduli dan menindaklanjuti sumber daya alam baik itu hasil kkyaan alamnya ato smber daya manusianya.Bentuk ato bangun kelompok tani /nelayan yg efektif dan tepat sasaran,artinya jauhkan dr tengkulak dll, biar smber daya manusia bs lbih sejahtera dn makmur,adakan pelatih yg bisa melatih sumber daya manusianya untuk mengolah sgala macam sumber kekayaan alam, biar hasil olahan kita bisa dihargai mahal,trus lindungi sumber kekayaan alam kita ,gmn caranyalah pemrintah lebih tau.Itu dl aja byk yg terlintas diotak, tp ga bs nulisnya,mf bila komen sy tdk karuan,smoga penulis menang, harapan yg lbih besar smoga ada jln untuk utk perlindungan kkyaan alam.peningkatan ksejahteraan smber dya manusianya dll.Amin

  33. Mutiara yg cantik tapi aku merasa tak sanggup membeli. Keindahan yg bisa dimiliki oleh sebagian kecil dari bangsa kita.
    Semoga talenta mbak gak sia-sia, skalu penuh inspirasi dan kereeen ya.. Semangat!!

  34. Potensi kekayaan alam Indonesia yang luar biasa, sudah sepatutnya bisa menjadikan Indonesia, sebagai negara yang memiliki perekonomian yang cukup kuat, dan bisa sejajar dengan negara2 maju.
    Entah apa yang salah, sehingga Indonesia sampai saat ini terbilang masih merana, meskipun kekayaan alamnya berlimpah.
    Entah yang salah pengelolaannya, kah?
    Entah yang salah kebijakkan penguasa ya, kah?
    Atau mungkin yang salah kekayaan alamnya.
    Tapi tidak mungkin kekayaan alamnya yang salah, karena bagaimanapun juga, kekayaan alam bergantung dari pengelolaan dan kebijakkan penguasa , sehingga kekayaan alam tersebut dapat bermanfaat sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyatnya.
    Terlepas dari pertanyaan “entah apa yang salah”, bukan saatnya untuk mencari siapa yg salah, tapi bagaimana, bisa ikut andil dalam mempromosikan salah satu kekayaan alam indonesia, mutiara south sea pearl, yg memiliki kualitas terbaik. dengan adanya event, 6th Indonesian Pearl Festival, bisa menjadi salah satu penggerak, untuk lebih diperhatikannya lagi, produksi mutiara terbaik Indonesia.
    Bravo Dessy.

  35. Saya suka juga mbak sama mutiara, tapi masih yang harga ala kadarnya. Kalau sudah sertifikasi begini apakah nantinya bisa juga dijadikan investasi seperti berlian dan emas? Kan lumayan ya, bisa meningkatkan minat beli mutiara kita. Asal ada standarisasi harga sih, bukan kayak batu akik yang fluktuatif & mudah dimainkan trend-nya. Xixi

  36. Baru tau ih klo madura juga penghasil mutiara,pernah dapet oleh2 mutiara dr lombok yg katanya harganya lumayan buat belanja bulanan. Seneng pake banget wakt tau dikasih oleh2 mutiara karna ga sanggup klo disuruh beli sendiri. Lah jadi curhat ini. Seneng sm tulisan bucan,sukses ya bucan

  37. Smg kedepannya mutiara ini bs jd sumber penghasilan negara kita dan dipergunakan sebesar”nya utk kemakmuran rakyat indonesia. Kagum dgn penulisnya.

  38. Keren bingits….jd pengen liat south sea pearl secantik apa aslinya….#adayg mau ngasih ga ya#
    Tulisan mbak Dessy keren…sukaaaaa banget baca smua tulisanny….

  39. tulisannya segar, tengah dan mudah di cerna…
    kembali di ingatkan tentang indah nya Indonesia ku,. eh salah Indonesia kami (^_^)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *