Skip to content

Nikmat & Aromatiknya kelezatan Cakalang Fufu Masakan Khas Minahasa Sulawesi Utara

Bukankah kita kerapkali mempercayai ini?

Bahwa masakan ternikmat adalah masakan yang dibuat oleh tangan ibu. Masakan yang penuh dengan cinta, aneka bumbu, sekeranjang senyum, dan sebuah pikiran yang walaupun di tengah kesulitan ekonomi, ibu merupakan pahlawan kuliner yang kerapkali mencari santapan bernilai gizi sempurna bagi buah hatinya.

(amomjourney.blogspot.com)
(amomjourney.blogspot.com)

Nikmatnya Cakalang Fufu tak pernah salah. Kami tidak tinggal di Sulawesi Utara, namun masakan khas daerah lainnya termasuk masakan Cakalang Fufu adalah makanan yang menjadi favorite kami sekeluarga. Hujan maupun kemarau, masakan khas Minahasa ini sanggup memberikan kenikmatan cita rasa Indonesia yang unik, berkelas dan sempurna.

Semangkuk besar Cakalang Fufu, nasi hangat dan teh prendjak menjadi bagian paling manis di pagi hari, tepat di hari Kamis.

Cakalang fufu adalah hidangan ikan cakalang olahan yang dibumbui, diasap dan dijepit dengan kerangka bambu. Makanan ini adalah hidangan khas Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia. Bermodalkan wifi internet yang kerapkali putus nyambung bak cinta anak muda-mudi sekarang saya tetap berlayar di dunia maya untuk sekedar memetik banyak hal yang bernama “Ilmu”. Mata saya mulai tertuju dengan tagline sederhana bertuliskan “Dicari 10 petualang yang siap menjelajah bersama NUTRISI UNTUK BANGSA membedah gizi kuliner nusantara” yang diadakan oleh Nutrisi Untuk Bangsa Sari Husada yang memprakarsai kegiatan Jelajah Gizi.

Jelajah Gizi 4 (Membedah Nilai Gizi Masakan Minahasa)
Jelajah Gizi 4 (Membedah Nilai Gizi Masakan Minahasa)

“Tuhan selalu memberikan kita kesempatan, menulis adalah salah satu cara dan usaha yang menjadi pemicu untuk menangkap dari kesempatan yang Tuhan berikan.”

Entah kenapa setiap hal yang ditulis, saya kerapkali melibatkan beberapa narasumber, bertanya kepada orang Sulawesi Utara langsung untuk mendapatkan tulisan yang lengkap disajikan sebagai bacaan yang benar-benar disebut bacaan. Kali ini saya bercengkrama dengan Inggrith Luneto yang memang notabene Neneknya Ing adalah orang asli Sulawesi Utara. Ia lahir di Gorontalo dan kuliah di Menado lalu lama tinggal sama neneknya, jadi lidahnya sudah terkontaminasi merk Menado candanya, ketika kami bercakap-cakap lewat whatsapp. Ing, bercerita banyak mengenai Ikan Cakalang Fufu, bahwa tangkapan laut di daerah sana dominan ikan cakalang. Oleh karenanya orang-orang dulu kerapkali mencari jalan keluar agar ikan cakalang ini tidak mubazir, maka timbul lah ide untuk dilakukan proses pengasapan agar lebih awet. Hingga kini proses itu menjadi khas dan dijadikan oleh-oleh karena ikan cakalang fufu mampu bertahan lama.

Ikan Cakalang Fufu Pedas Khas Sulawesi Utara (DentistChef)
Ikan Cakalang Fufu Pedas Khas Sulawesi Utara (DentistChef)

Ikan cakalang fufu biasanya dimasak Pampis Cakalang seperti masakan yang disuwir-suwir kemudian dirica-rica, namun enak juga dimasak kuah kuning dan cakalang bakar.

Proses pembuatan Cakalang Fufu lumayan rumit. Melalui proses diasap pake sabut kelapa atau bahasa daerah sana dikenal dengan sebutan “Gonofu”.  Setelah ikan cakalang (ikan tongkol) dibersihkan dengan dibuang sisik dan jeroannya, daging ikan cakalang dibelah dua dan dijepit oleh kerangka penjepit bambu yang telah disiapkan sebelumnya. Daging ikan ini diolah dengan dibaluri garam dan bubuk soda.  Awalnya saya sempat berpikir, untuk apa dibaluri garam dan bubuk soda dengan perbandingan 1:1?

Saya menerkanya hanya untuk menghilangkan rasa amis dari tubuh ikan cakalang, namun rupanya ini merupakan tips untuk membuat daging asap kelak memiliki warna yang menarik. Kemudian ikan cakalang menjalani proses pengasapan dengan panas api dan asap. Panas harus merata hingga daging ikan cakalang matang dan kering. Proses ini menghabiskan waktu empat jam untuk pengasapan dan dua jam untuk pendinginan. Proses ini berlangsung hingga daging ikan cakalang berubah warna menjadi kemerahan dengan tekstur sedikit empuk, kering dan tidak berair.

Cakalang Fufu (www.katalogwisata.com)
Cakalang Fufu (www.katalogwisata.com)

Di Manado banyak pohon kelapa, ujar ing melanjutkan ceritanya lagi beberapa menit kemudian, sehingga dulu banyak masyarakat di sana menggunakan cara sederhana yang tradisional dengan sabut kelapa, cuma memang agak ribet. Kalau sekarang sudah banyak UKM  menggunakan tekhnologi canggih dengan mesin, hanya saja memang rasanya tak senikmat yang menggunakan sabut kelapa saat mengasapnya karena rasa khasnya seolah hilang.

Kamu dapat dengan mudah membeli ikan Cakalang  Fufu yang sudah di asap untuk mempermudah dan meringkas prosesnya. Dengan prosesnya yang rumit, maka masakan khas daerah Minahasa ini menjadi juara dan dirindukan untuk segera menyantapnya – Kembali.

Jika diproses secara tepat cakalang fufu dapat tahan disimpan dalam suhu ruang selama satu bulan, dengan demikian dapat didistribusikan ke seluruh Indonesia sebagai pangan hidangan laut olahan. Di Sulawesi Utara cakalang fufu adalah hidangan favorit dan kerap dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Manado. Meskipun hidangan ini terkenal di seantero Indonesia Timur, lokasi produksi utamanya adalah kota pelabuhan nelayan Bitung, Sulawesi Utara.

Cakalang fufu dapat dikonsumsi tersendiri: 

Dengan cara dipanaskan dan digoreng sebentar dalam minyak panas dan langsung dimakan dengan nasi dan dabu-dabu (sambal Minahasa). Juga dapat menjadi bahan untuk memasak hidangan lainnya. Suwiran daging cakalang fufu dapat ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti selada kentang, mie cakalang, pampis atau dimasak rica-rica dengan cabai.

Nilai Gizi Ikan Cakalang

Ikan Cakalang
Ikan Cakalang

Ketika saya menghadiri salah satu festival yang diselenggarakan oleh Kementrian kelautan dan perikanan, kerapkali mengulas mengenai “Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan”. Nah, apalagi ikan laut mengandung banyak zat yang kaya manfaat. Indonesia negara kepulauan yang kaya akan kekayaan laut yang melimpah terutama ikan. Jika pemerintah lebih sadar akan kekayaan laut dan mencegah pencurian ikan maka masyarakat Indonesia dapat puas makan ikan dengan biaya murah. Nilai gizi yang terkandung di dalam ikan cakalang saja diantaranya terdapat Omega 3 dan Omega 6, yakni asam lemak tak jenuh yang berfungsi meningkatkan kecerdasan otak, melenturkan pembuluh darah, menurunkan kadar trigliserida, dan mencegah penggumpalan darah. Hasil sebuah penelitian yang saya baca dari beberapa artikel juga menyebutkan, bahwa mengonsumsi ikan turut berperan mencegah munculnya beragam jenis kanker. Ikan Cakalang juga diketahui memiliki kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang cukup tinggi.

Kandungan asam lemak Omega 3 dalam ikan laut juga berperan dalam melindungi jantung. Salah satunya adalah mencegah timbulnya Fibrilasi Atial (FA), yakni jenis gangguan irama jantung yang kerap terjadi pada orang tua. Hal ini termuat dalam jurnal Circulation, sebuah jurnal kesehatan terkemuka tahun 2004.

Berbagai studi kesehatan sepakat bahwa ikan laut benar-benar bersahabat dengan organ jantung. Hingga saat ini sudah lebih dari 5.000 publikasi penelitian di dunia melaporkan manfaat menu ikan laut terhadap kesehatan jantung.

Sebelum matahari menjadi terik, Ibu selalu bangun lebih pagi. Masakan yang dibuat dari tangan ibu ketika bangun tidur adalah hal paling harum dari seluruh minyak wangi. Masakan yang bernutrisi dari hitungan nilai gizi. Belajarlah secermat mungkin menghargai dan mencintai makanan khas setiap daerah negeri sendiri. Agar kita dapat memeluk pelan-pelan dan mengatakan pada semua orang, bahwa kita mencintai Kuliner Indonesia sebanyak berpuluh-puluh kali.

 

Dessy Achieriny

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition Jelajah Gizi 4 Sari Husada “Membedah Nilai Gizi Masakan Minahasa”

 

Published inEvent

6 Comments

  1. Erina Erina

    keren Ncie tulisannya, baca ini disiang hari jadi bikin laper. hehehehe.
    masakan Ibu itu emang paling bikin kangen. TOP BGT dah.
    semangat nulis terus ya Nciee… ditunggu tulisan-tulisan lainnya.

    • Dessy Achieriny Dessy Achieriny

      siaap… doakan selalu sehat ya na, jadi bisa nulis terus.

  2. Mayda A. Zaich Mayda A. Zaich

    Kayaknya enak ya nchie..
    Kapan2 nchie buat mau dong dikirimin ke rumah..

    • Dessy Achieriny Dessy Achieriny

      ehehe.. ah may mah suka modus main tapi minta makan, ah gitu kan… ahaha

  3. Ooo…baru tahu, namanya cakalang fufu dari Minahasa ya.. Dulu saya sering dikasih menu ini waktu di Halmahera. Atau laen lagi ya ? Tapi sepertinya memang ini

    • Dessy Achieriny Dessy Achieriny

      Menu Cakalang Fufu yang di Halmahera malah saya belum pernah coba. Menu cakalang fufu yang biasa di Minahasa biasanya dibuat rica-rica.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *