Jadilah Bagian Dari Wirausaha Muda Mandiri

“Kesempatan datang pada orang-orang yang siap.  Hidup itu pilihan, hidup itu bergerak”

Beberapa motivator dalam seminar bisnis yang kerapkali saya ikuti selalu menegaskan hal ini, dan kesempatan terbaik belum tentu datang dua kali. Hal-hal yang seringkali orang-orang pahami, namun sedikit orang mengikuti. Saya juga belajar banyak ketika berkunjung di website Wirausaha Mandiri. Bahwa “Selain government spending, motor utama penggerak perekonomian suatu bangsa adalah sektor bisnis. Oleh karena itu, perlu lebih banyak wirausahawan untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara maju.”

mandiri2

Program Wirausaha Muda Mandiri merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diwujudkan secara berkesinambungan dan fokus pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa. Tujuannya adalah mengajak generasi muda Indonesia menjadi generasi yang mandiri, yaitu generasi pencipta lapangan kerja yang tangguh dan mampu bersaing di era global.

Di jaman sekarang kita harus memiliki pandangan yang lebih luas sebagai langkah menangkap peluang. Duduk manis sebagai karyawan bukan lagi sebuah pilihan yang harus di iyakan. Di luar itu kita harus memiliki bisnis sampingan. Saya seorang ibu rumah tangga dan termasuk nasabah Bank Mandiri yang memulai bisnis dengan mengajukan pinjaman take-over. Bisnis yang saya geluti sekarang adalah bisnis kecil-kecilan jual beli mobil. Semoga berawal dari beberapa mobil yang dijual, kelak menjadi puluhan mobil. Niat saya adalah mencari tambahan penghasilan di rumah tanpa harus bekerja di luar rumah dengan mengandalkan kekuatan sosial media. Kebahagiaan keluarga adalah pilihan utama yang tidak bisa ditawar-tawar, itu sebabnya saya lebih memilih menjadi ibu rumah tangga yang mengatur segala hal di rumah sendirian tanpa dibantu asisten rumah tangga. Saya berharap, menjadi Ratu di rumah dan menjadi Ratu dalam dunia bisnis yang saya geluti sekarang dan menciptakan lapangan kerja ke depannya. Peluang adanya grabcar, uber dan pemesanan jasa antar jemput secara online yang menjamur, otomatis tentunya menaikkan pangsa pasar jual beli mobil bekas. Selain itu, saya juga mulai melirik bisnis boneka dan memanfaatkan beberapa kain perca limbah boneka untuk menjadi bahan yang kembali diolah secara kreatif dan layak dijual.

Mandiri

Keinginan yang lebih besar pun timbul setelah membaca, success story mba Merry Yani yang keluar dari perusahaan tempat ia bekerja untuk merawat sang ibu yang mengidap kanker rahim. Sepeninggal ibunya, ia melanjutkan untuk fokus untuk mengambil alih bisnis telur asin. Gertakan bisnis yang ia geluti kerapkali dicibir banyak orang, namun ketekunan yang gigih, kelak membalikkan keadaan. Ia meningkatkan produksi telur dari 1.500 butir menjadi 15.000 butir per hari, melakukan riset pasar, berkonsultasi ke Dinas Peternakan, serta mencari pekerja yang sevisi dengannya. Anak ketiga dari empat bersaudara ini benar-benar mencari tahu apa kebutuhan konsumen dan selalu berusaha memenuhinya. Termasuk permintaan untuk membuat level asin pada telur asinnya, serta mempertahankan rasa gurih yang menjadi ciri khas produknya.

Empat tahun kemudaian, usaha telur asin Merry berkembang pesat. Ia memasok kebutuhan telur asin di Jabodetabek hingga sejumlah daerah di Pulau Jawa. Usahanya berhasil menyerap tenaga kerja dan usahanya kini beromzet Rp 4,2 miliar dalam setahun. Keyakinan dan kerja keras Merry pun akhirnya terbayar.

Kisah nyata kesuksesan orang ibarat lampu dalam sebuah ide, bisikan dan gerakan bagi kita untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat, perhitungan yang matang dan trik bisnis yang sudah kita kuasai kelak mengantarkan kita ke dalam kesuksesan. Walau pun di setiap bisnis selalu ada pasang surut sebagai bumbu pelengkap dalam bisnis.

Apalagi di kalangan anak muda. ”Kewirausahaan membutuhkan ide, keberanian serta kecakapan, dan meyakini setiap anak muda memiliki hal itu. Sebagai upaya mengenalkan kewirausahaan kepada mahasiswa sehingga di masa depan, perekonomian Indonesia dapat lebih baik karena ditopang oleh wirausahawan-wirausahawan tangguh”

Bank Mandiri telah menjalin kerjasama dengan seluruh stakeholder terkait seperti pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga keagamaan dan LSM, praktisi bisnis, korporasi serta investor dalam rangka pengembangan kemajuan event ini. Kalian juga dapat menjadi bagian dari Program Wirausaha Muda Mandiri (WMM). WMM hadir sebagai wujud konsistensi dalam mendukung tumbuh kembang wirausahawan muda Indonesia dari kalangan terdidik. Serta ajang kompetisi wirausaha nasional yang ditujukan untuk mencari bibit pengusaha muda potensial dan turut berperan dalam pengembangan kewirausahaan di Indonesia.

 

mandiri3

Sesuai dengan tema pelaksanaan kegiatan di tahun 2016 “Muda, Inovatif, Peduli” Bank Mandiri mencari pengusaha muda yang inovatif dalam penciptaan produk dan jasa serta inovatif dalam merumuskan strategi dan proses bisnis untuk memenangkan persaingan pasar.

Disamping wirausahawan yang bergerak di sektor usaha industri, perdagangan, jasa, kreatif, boga dan sosial, pada pelaksanaan tahun 2016 kami memberikan kesempatan yang luas kepada pengusaha muda yang bergerak di bidang teknologi yang dapat diterapkan secara baik untuk peningkatan taraf ekonomi dan kemakmuran masyarakat. Dalam jangka panjang, program WMM diharapkan dapat melahirkan teknopreneur Indonesia yang disegani dunia.

Sociopreneur mendapatkan tempat khusus pada penyelenggaraan WMM 2016. Program ini diharapkan dapat mengangkat citra pengusaha sosial. Bukan hanya mampu menjawab masalah sosial yang mucul di masyarakat, bisnis sosial harus kompetitif, scalable dan dapat di-replikasi di komunias lain. Dengan demikan semakin banyak masalah sosial yang dapat dipecahkan dan masyarakat yang dapat diberdayakan secara ekonomi.

 

Dan yang perlu kalian ketahui, program WMM ini gratis dan tidak dipungut biaya apa pun. Kamu sebagai bagian dari pengusaha muda? Daftarkan usahamu secara online melalui website www.wirausahamandiri.co.id dengan melengkapi data-data yang diperlukan terhitung mulai 14 September 2016 – 31 Desember 2016. Apalagi hadiah yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Total 1 Milyar guys. So, come on. Daftarkan sekarang!

 

Salam Sukses

Dessy Achieriny

Dessyachieriny@yahoo.com

8 thoughts on “Jadilah Bagian Dari Wirausaha Muda Mandiri”

  1. Wirausaha muda tak perlu harus memakai dasi dan duduk di kursi empuk dengan ruangan yang penuh dekorasi. Yang penting bisnisnya mamu,mapan, dan rapi sehingga bisa menjadi sumber inspirasi.

    Sebuah program ngetop dari Bank Mandiri yang laya diacungi jempol.

    Salam hangat dari Jombang-Jawa Timur

  2. Suka quote-nya

    “Kesempatan datang pada orang-orang yang siap. Hidup itu pilihan, hidup itu bergerak”

    Semoga bisa menjadi orang2 yang senantiasa siap menjemput sukses. Salah satunya melalui WMM. Semoga bisa menjadi bagian dari mereka yang nantinya bisa menginspirasi. Aamiin…

  3. Banyak yah, kisah-kisah orang sukses yang awalnya mendapat cibiran orang sekitar. Nggak salah kalo sampe ada quotes “work hard in silence, let your success be your noise.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *