Kenali Potensi Si Kecil di Grand Final Festival Sahabat Generasi Maju

Ramai anak-anak kecil berlarian. Terlihat kebahagiaan paling baik terpancar dari mata-mata bulat jernih sebesar kelereng pemilik seribu pertanyaan dan seribu tindakan ingin mencoba melakukan bermacam-macam hal. Anak-anak punya dunia mereka sendiri. Mereka merasa asik untuk membayangkan hal-hal paling menarik perhatian, melalui pikiran, khayalan, yang tentunya terlintas di benak mereka. Wajah-wajah kecil yang lugu adalah bagian dari kebahagiaan yang merdeka tanpa celah, tampak terlihat tak kekurangan apa-apa. Mereka sibuk bermain dan belajar melalui permainan edukatif dan aktifitas-aktifitas seru di kelas-kelas edukasi Sekolah Generasi Maju yang diselenggarakan oleh SGM Eksplor. Setiap kelas dapat menunjang 5 Potensi Prestasi.

Kemarin, tepatnya 28 Juli 2018 berlokasi di Sumarecon Mall Bekasi dalam suasana Hari Anak Nasional 2018, SGM eksplor menggelar Grand Final Festival Sahabat Generasi Maju dan meluncurkan SGM eksplor dengan complinutri sebagai wujud komitmen untuk mendukung anak Indonesia menjadi Anak Generasi Maju. Bekasi adalah kota terakhir dalam penyelenggaran Festival Sahabat Generasi Maju yang sebelumnya telah berada di kota besar lainnya seperti: Yogyakarta, Bandung, Medan dan Surabaya. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak orang tua dan anak Indonesia kembali mengingat pentingnya pemenuhan nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat dalam mengasah 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yaitu: Cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri dan percaya diri.

Sebagai orang tua, kita harus dapat menyelami kehidupan anak-anak, menggali sesuatu yang mereka sukai atau tidak, tak hanya berkutat untuk mencari potensi si kecil, kita pun harus dapat memahami karakter mereka masing-masing. Butuh proses untuk dapat menyelaminya agar dapat menyediakan tempat paling nyaman dan ramah bagi mereka. Setiap anak terlahir istimewa. Walaupun terlahir satu rahim yang sama, tak lantas memiliki sifat yang sama. Sebagai orangtua yang memiliki dua orang anak, kegiatan ini sangat membantu bagi saya untuk menambah ilmu dan menggali sampai di mana potensi anak itu tumbuh dan berkembang. Event ini pun dihadiri oleh Anna Surti Ariani, S.Psi,M.Si – Psikolog Anak & Keluarga, Astried Prasetyo – Marketing SGM Eksplor, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam,M.Gizi – Dokter spesialis Gizi Klinis, Alissya Soebandono – Selebrtiti dengan 2 orang anak. Mereka adalah orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya untuk lebih mengenal mengenai tumbuh kembang anak, memahami nutrisi, serta sharing pengalaman.

Pada acara Grand Final Festival Sahabat Generasi Maju, SGM Eksplor juga memberikan beasiswa pendidikan senilai 1 Milyar bagi 25 pemenang. Selain itu dalam festival ini dimaksudkan mengajak para orang tua menunjukkan dan menceritakan potensi prestasi yang dimiliki si kecil. SGM Eksplor juga bekerja sama dengan 100 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia dalam bentuk edukasi nutrisi.

Ada banyak ilmu yang terserap dan bermanfaat ketika mengikuti Festival Sahabat Generasi Maju yang tentunya masih terekam di kepala mengenai:

5 Aspek Tumbuh Kembang SI Kecil

Yuk bunda, kita harus belajar bagaimana mengenali aspek tumbuh kembang si kecil agar mereka dapat tumbuh secara optimal. Apa saja sih aspek pentingnya?

KOGNITIF
Kita harus melihat potensi intelektual si kecil yang terdiri dari tahapan : pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehention), penerapan (aplication), analisa (analysis), sintesa (sinthesis), evaluasi (evaluation). Sebab Kognitif berarti persoalan yang menyangkut kemampuan untuk mengembangkan kemampuan rasional (akal).
Teori kognitif lebih menekankan bagaimana proses atau upaya untuk mengoptimalkan kemampuan aspek rasionalnya.

SOSIAL
Melihat bagaimana mereka tak hanya mampu memahami sebuah persoalan dalam memecahkan suatu masalah, namun kita harus mengajarkan mereka bagaimana berinteraksi yang baik bersama teman-teman sebayanya. Agar tumbuh interaksi hubungan yang baik di lingkungan si kecil tumbuh.

FISIK
Kita memerlukan si kecil untuk lebih banyak bergerak aktif di usianya, agar gerak motorik dan sensoriknya terlatih secara optimal, tentunya anak juga menjadi lebih sehat.

BAHASA
Sering berkomunikasi dan mengajarkan kata-kata santun dalam berucap sangat penting untuk tumbuh kembang anak agar mereka terbiasa.

EMOSI
Setiap anak memiliki sifat yang tak sama, mengajari mereka untuk dapat mengendalikan emosi sejak dini juga sangat diperlukan bagi si kecil agar ia kian besar tidak tumbuh menjadi anak yang pemarah sehingga kelak akan menyulitkan dirinya sendiri jika tumbuh dan berkembang diantara teman-teman yang lain.

 

Dukung 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju
Setiap anak memiliki kesempatam serta potensi untuk berkembang. Langkah pentingnya adalah mendukung langkah si kecil untuk memiliki 5 aspek penentu dalam tumbuh kembang anak, antara lain:
1. Cerdas Kreatif (Cepat menangkap dan mengerti serta punya banyak ide)
2. Tumbuh tinggi dan kuat (Tumbuh kembang sesuai dengan tahapan usianya)
3. Mandiri (Mengandalkan diri sendiri)
4. Supel (Bisa berteman dan bekerja sama, berbagi, dan banyak keterampilan sosial lainnya)
5. Percaya Diri (Yakin terhadap kemampuan dirinya)

 

Nutrisi Komplit yang Dibutuhkan SI Kecil

Apa saja sih nutrisi yang dibutuhkan si kecil bunda?

– Penuhi nutrisi minyak ikan dan Omega 3 untuk mendukung perkembangan si kecil.

– Pastikan si kecil mendapatkan nutrisi penting yang dapat mendukung tulang kuat seperti kalsium dan vitamin D.

– Protein, Vitamin, dan Mineral penting untuk mendukung si kecil tumbuh dengan optimal dan Mandiri.

– Kesehatan saluran cerna rupanya dapat mempengaruhi mood si kecil, oleh karena itu  kita harus memastikan nutrisi baik FOS-Inulin untuk mendukung kesehatan saluran cernanya.

Lalu pastikan juga nih bunda, agar si kecil mendapat asupan Selenium, Vitamin C, Vitamien E, yang dapat menjaga daya tahan tubuhnya, sehingga ia menjadi jarang sakit dan memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi. Hal ini tentu dapat mendukungnya memiliki kesempatan berprestasi yang lebih baik dan menjadikannya Percaya Diri.

Hal paling penting selain prestasi buat saya adalah bagaimana dia bisa berinteraksi dengan teman dan memiliki percaya diri. Karena setiap anak, kelak akan ditempa di lingkungan luar yang bahkan kerapkali tak terjangkau perhatian saya. Kehidupan mereka pun tidak hanya berkutat pada pensil dan kertas. Pintar saja tidak cukup untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Betapa bangganya saya ketika si bungsu bercerita banyak hal mengenai hari pertama ia di sekolah:

“Mi, aku tadi maju ke depan nyanyi Mars Sekolah. Nilainya paling tinggi. Saat mata pelajaran Mate-matika aku juga maju ke depan untuk presentasi bagaimana cara mengerjakannya di depan kelas, ternyata ketika persentasi kita tidak boleh membelakangi orang, walaupun saat itu kita sedang menulis di papan tulis, kita diajarkan untuk lebih interaktif agar mereka lebih paham dan lebih jelas. Pelajaran terakhir ada bab yang membahas introduce, yang mengharuskan satu-satu untuk ke depan memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris. Tahu gak mi, yang berani cuma 4 orang. Aku juga dipuji guru. Katanya bagus. Bu guru nanya, les di mana? Kemudian nyuruh aku kalau ada lomba story telling B.Inggris untuk ikut jadi perwakilan sekolah. Bu gurunya gak percaya kalau aku belajar B.Inggris hanya dari Youtube. Hehe..” Ucapnya dengan mata berbinar-binar dan tertawa kecil terkekeh. Pujian sekecil apa pun adalah cara ampuh untuk membangkitkan semangat dan daya belajar anak-anak.

Dengan event Sahabat Generasi Maju kemarin, saya kembali belajar untuk menjadi orangtua yang tak hanya bijak tapi juga menjadi orang tua yang dapat menyelami kehidupan anak-anak kembali. Di sana saya mendapatkan informasi yang mendukung si kecil memiliki masa depan yang lebih baik untuk menjadi generasi maju. Terimakasih SGM atas edukasi yang diberikan bagi para bunda yang akan dan telah menjadi orang tua.

 

Dessyachieriny@yahoo.com

2 comments On Kenali Potensi Si Kecil di Grand Final Festival Sahabat Generasi Maju

  • Seru banget ikut Kelas-kelas di Festival SGM ini. Saya dapat ilmu parenting dari talkshow, anak dapat stimulasi dari permainan yang ada.

    • Iya mbak Helena.. banyak permainan edukasi untuk si kecil sekaligus promo susu yang menarik buat kantong ibu2. Banyaj hikmah dan sharing pengalaman dari talkshow yang menghadiri orang-orang yg hebat dalam segi nutrisi dan tumbuh kembang anak.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer